Widget Recent Post No.

Breaking

Post Top Ad

7/19/2018

Dana Desa Tidak Boleh Digunakan Untuk Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa

RILIS KEMENDESA-- Jika ada pertanyaan Apakah Dana Desa boleh digunakan untuk membayar gaji dan tunjangan Kepala Desa serta Perangkat Desa? Tentu saja tidak boleh, karena gaji dan tunjangan kepala desa serta perangkat desa sudah dipenuhi dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Sejalan dengan sasaran pembangunan wilayah perdesaan dalam RPJMN 2015-2019, maka penggunaan dana desa perlu diarahkan untuk mendukung pengentasan desa tertinggal demi terwujudnya kemandirian desa.



Baca Juga;


Penggunaan Dana Desa pada dasarnya merupakan hak Pemerintah Desa sesuai dengan kewenangan dan prioritas kebutuhan masyarakat desa setempat dengan tetap mengedepankan prinsip keadilan. Namun demikian, dalam rangka mengawal dan memastikan capaian sasaran pembangunan desa, Pemerintah menetapkan prioritas penggunaan dana desa setiap tahun.

Prinsip dari penggunaan dana desa adalah mengutamakan hak dan kepentingan seluruh warga desa tanpa membeda-bedakan, serta mendahulukan kepentingan desa yang lebih mendesak, lebih dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan kepentingan sebagian besar masyarakat desa.

Selain itu, penggunaan dana desa juga untuk mengutamakan pelaksanaan secara mandiri dengan pendayagunaan sumberdaya alam desa, mengutamakan tenaga, pikiran dan keterampilan warga desa dan kearifan lokal. Mempertimbangkan keadaan dan kenyataan karakteristik geografis, sosiologis, antropologis, ekonomi, dan ekologi desa yang khas, serta perubahan atau perkembangan dan kemajuan desa.

Pada bidang pembangunan desa, dana desa diarahkan untuk pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana desa; Sosial pelayanan dasar; Usaha ekonomi desa; Lingkungan Hidup dan lainnya.

Pada bidang pemberdayaan masyarakat desa, Dana Desa diarahkan untuk Peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan pembangunan Desa; Pengembangan kapasitas dan ketahanan masyarakat desa; Pengembangan sistem informasi Desa.

Dukungan pengelolaan kegiatan pelayanan sosial dasar, permodalan dan pengelolaan usaha ekonomi produktif; Dukungan pengelolaan usaha ekonomi; Dukungan pengelolaan pelestarian lingkungan hidup; Pengembangan kerjasama antar Desa dan kerjasama Desa dengan pihak ketiga; Dukungan menghadapi dan menangani bencana alam dan KLB lainnya.

DAFTAR ARTIKEL TENTANG ADVOKASI

Judul Artikel
Kategori
Artikata/Pengertian

Testimoni, Advokasi, strategi, mahasiswa

Fungsi, advokasi, bimingan, konseling

Advokasi, orasi, penting, materi, contoh

Universitas, Mahasiswa, Mulawarman

Teknik, strategi, advokasi,

Pengertian, advokasi, para ahli

Pariwisata, Halal, Bunga, Advokasi, contoh, materi, Bank



No comments:

Post a Comment

Pages