Widget Recent Post No.

Breaking

Post Top Ad

6/10/2019

10 Manfaat Lari, Bukan Hanya untuk Ini Lo

Manfaat Olahraga Lari Hanya untuk Jantung? Ada 10 Dampak Lainnya Sumber: Tempo co T, Jakarta - Lari masih menjadi olahraga yang disukai banyak orang. Lihat saja berbagai lomba lari terus diadakan untuk wadah berkumpul hingga wadah berolahraga.

Sandiaga Uno Ajak Lari Malam Sebelum Itikaf, Simak Untung Ruginya Mungkin Anda masih menganggap lari hanya bagus untuk jantung. Padahal lari memiliki dampak baik juga untuk kesehatan fisik dan mental. Coba lihat manfaatnya seperti yang dilansir Popsugarcom berikut:

1. Membuat Anda Senang

Sensasi euforia anda mengalami setelah jangka panjang atau joging di sekitar rute tertentu membuat Anda seperti kembali ke alam. Bertemu dengan orang-orang saat berlari juga bisa membuat Anda bahagia.

2. Menjadi Penawar Depresi

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Kedokteran & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa aktivitas fisik bertindak sebagai alternatif yang efektif untuk mengobati Depression. Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan meditasi.

3. Medorong Kinerja Otak

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di London Journal of Physiology menunjukkan bahwa berlari dapat membantu Anda mengembangkan keuntungan kognitif besar. Menjalankan, mengaktivasi, dan meningkatkan cadangan neuron dalam otak manusia, yang merupakan pusat kapasitas otak untuk belajar.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah studi tahun 2014 di University of British Columbia menunjukkan bahwa latihan aerobik teratur atau jenis yang bisa meningkatkan detak jantung dan membuat Anda berkeringat, seperti berlari, dapat meningkatkan ukuran hippocampus. Hippocampus adalah area otak yang terlibat dalam memori verbal dan pembelajaran. Lari juga bisa menangkal gejala penyakit Alzheimer.

5. Mempertajam Mental

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologyshowed bahwa orang tua yang terus berolahraga secara teratur mengalami tingkat penurunan mental yang lebih lambat.

6. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Ada banyak penelitian membuktikan bahwa berjalan berlari dapat membantu fungsi jantung. Sebuah penelitian baru dari Universitas Hartford, menemukan bahwa pelari maraton yang bisa berlari menyebabkan penurunan faktor risiko kardiovaskular.

7. Menurukan Tekanan Darah

American Heart Association mengatakan berlari baik untuk anda. AHA mengatakan 150 menit aktivitas fisik cepat per minggu dapat menjaga tekanan darah Anda dalam rentang yang sehat. (Tapi tergantung berapa banyak latihan yang benar-benar anda perlukan). 8. Menjaga Kesehatan Lutut Studi menunjukkan bahwa berjalan benar-benar membantu massa peningkatan tulang dan dapat memperlambat pemgeroposan tulang yang berkaitan dengan usia.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Menurut National Cancer Institute, ada bukti yang meyakinkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar dan payudara. Beberapa penelitian juga telah melaporkan hubungan antara aktivitas fisik dan penurunan risiko kanker prostat, paru-paru, dan lapisan rahim (kanker endometrium). Selanjutnya, temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa berjalan dapat mengurangi kerentanan seseorang terhadap bentuk-bentuk tertentu dari kanker.

10. Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa ada dua kali lebih banyak kematian karena kurang olahraga dibandingkan dengan obesitas. Baca: Puasa, Zee Zee Shahab Tetap Lari 5 Kilometer Setiap Hari

11. Tidak Perlu Menjadi Pelari Marathon

Anda tidak perlu menjadi seorang pelari maraton untuk menuai semua manfaat ini berjalan-terkait. Sebaliknya, menurut sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Proceedings, berjalan hanya 50 menit per minggu - setara dengan satu enam mil atau dua run 5Ks - dapat melindungi tubuh dari risiko stroke, arthritis, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

No comments:

Post a Comment

Pages